Posted on

Jenis-Jenis WordPress

Perlu kamu ketahui bahwa WordPress terdiri dari 4 jenis. Masing-masing mempunyai kebutuhan dan fungsi yang berbeda-beda bagi para pengguna WordPress. Adapun jenis-jenis WordPress tersebut adalah sebagai berikut:

  1. WordPress.com

WordPress ini sangat saya anjurkan bagi yang baru memulai belajar membat blog. Intinya dari versi wordpress.com ini adalah blog hosting yang disediakan secara gratis dengan mendaftar lewat http://www.wordpress.com. Proses pendaftarannya cukup mudah tinggal baca saja formulir yang disediakan, lalu buka email kamu kemudian lihat inbox akan kamu dapatkan link untuk memulai membuat artikel di blog yang telah kamu buat.

WordPress.com ini perlu kamu ketahui bahwa kamu tidak diperkenankan merubah css sebelum kamu meregistrasi di wordpress yang tentunya kita harus membayar. Jangan khawatir karena tampilan bawaan WordPress sudah cukup bagus.

Kelemahan wordpress.com versi gratisan ini adalah tidak mendukung java script. Namun kamu jangan takut blog WordPress kamu tidak dapat ditambahkan widget standart atau sekarang sudah mulai ada yang membuat widget yang tidak membutuhkan java script.

2. WordPress.org

Nah, jika kamu merasa tidak puas dengan wordpress.com kamu bisa coba WordPress.org yaitu wordpress yang sudah berbentuk self hosting, CMS atau engine blog dihosting pada server dan domain kamu tersendiri.

Sebaiknya WordPress.org ini digunakan bagi mereka yang sudah mengerti dan memahami tentang HTML, PHP, dan scripting web development. Sekarang WordPress.org sudah ada yang menggunakan bahasa Indonesia jadi lebih mudah dipelajari.

3. WordPress MU

WordPress MU adalah singkatan dari WordPress Multi User. Dengan versi wordpress ini kamu bisa membuat jutaan blog dan menjadi seorang bloghost atau penyedia jasa blog. Untuk mendapatkan WordPress jenis ini, kamu bisa mendownoadnya pada situs http://mu.wordpress.org.

Lebih baik kamu mengunakan versi ini jika kamu sudah terbiasa dan mengerti benar seluk beluk blog hosting.

4. WordPress Legacy

Bermula dari perusahaan Automatic yaitu perusahaan pembuat WordPress, yang menyediakkan versi stable atau disebut “legacy” dari software mereka. Hal ini meniru konsep Debian, dimana ada versi stable dan testing dari software tersebut. Nah, versi WordPress terbaru adalah testing. Selalu berubah, selalu bertambah fiturnya. Tampilannya sangat menarik.

Hal ini memang menyenangkan. Namun, jika reputasi website kamu jadi hancur karena kemudian kena hack, tentunya sayang sekali. Maka dari itu muncullah WordPress Legacy yang dirawat oleh tim security Automatic selama 5 tahun.

Nah selama 5 tahun itu, WordPress Legacy tidak akan diupdate kecuali untuk update security. Tentunya ini untuk sebagian orang sangat menarik sekali. Selama 5 tahun, kita bisa lebih fokus ke isi website, dan bukannya melakukan upgrade WordPress selamanya berkali-kali. Bagi kamu yang ingin mencoba jenis ini, kamu dapat membuka situs http://wordpress.org/download/legacy.

Semoga membantu! :)

About pakdirektur

nilai sendiri aj ya :D

One response to “Jenis-Jenis WordPress

  1. Haidar ⋅

    Nice info gan! Keep posting🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s